Pendidikan

Minim Peminat, FIB Buka Jalur Afirmasi

La Janu. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Minim peminat, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo (UHO) buka jalur afirmasi bagi camaba yang tidak lulus seleksi.

Wakil Dekan (WD) III FIB La Janu S Sos MA mengatakan, Pendaftaran jalur afirmasi diperuntukkan kepada mereka yang tidak lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Ia menjelaskan, jalur afirmasi ini tidak melalui tes tertulis atau komputer. Camaba hanya membuat surat pernyataan tertulis, bahwa yang bersangkutan (camaba) benar-benar ingin kuliah di jurusan yang dipilih.

“Camaba yang ingin kuliah melalui jalur afirmasi diwajibkan memiliki nomor tes SBMPTN dan SMMPTN,” kata La Janu, Rabu (7/8).

Dia menyebut, saat ini pihaknya tengah mengumpulkan kartu tes camaba, baik yang tidak lulus pada SBMPTN dan SMMPTN.

“Jalur afirmasi ini kami buka di 3 prodi saja. Yakni, Tradisi Lisan, Arkeologi, dan Sastra Perancis. Mahasiswa yang lulus di 3 prodi itu yakni Tradisi Lisan 21 orang, Arkeologi 12 orang, dan Sastra Perancis 3 orang. Jadi, camaba yang lulus di jalur afirmasi ini berjumlah 36 orang,” paparnya.

La Janu berharap, camaba FIB yang lulus jalur afirmasi benar-benar dari kemauan sendiri ingin kuliah di prodi FIB yang dipilih. (cr1/r2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top