Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Sempat Buron, 1 Terduga Pelaku Begal Diamankan Polsek Mandonga

4
Terduga pelaku begal (duduk) yang diamankan di Polsek Mandonga (IST)

KENDARI, BKK- Kepolisian Sektor (Polsek) Mandonga kembali membekuk 1 terduga pelaku begal, yang merupakan komplotan 5 tersangka begal yang beraksi di Jalan Abdullah Silondae Kelurahan Mandonga serta di sekitaran Kedai Kopi Kita Kelurahan Korumba Kecamatan Korumba awal Juni lalu.

Terduga pelaku yang sempat buron ini diamankan di Polsek Mandonga pada Jumat (5/7) lalu. Polisi kini tengah mendalami peran terduga pelaku yang tak disebutkan namanya itu, saat melakukan aksi begal bersama komplotannya.

“Iya, sementara kita amankan si terduga ini. Dari pengakuan tersangka yang sudah ditangkap sebelumnya, dia (terduga) ini juga ikut terlibat dalam aksi itu,” terang Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Mandonga Ajun Komisaris Polisi (AKP) Jupen Simanjuntak saat dikonfirmasi, Minggu (7/7).

Simanjuntak menyebutkan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap terduga pelaku yang diamankan tersebut untuk diketahui keterlibatannya.

“Kita mau periksa dulu keterlibatannya. Nanti kita infokan lagi perkembangannya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi telah menangkap 5 pelaku begal dan telah menetapkan mereka sebagai tersangka.  Kelima tersangka yakni Andika alias Dede (20), Bagus (19), Aldi (18), Risky (18) serta AC yang masih di bawah umur.

Selain 5 tersangka polisi masih mengejar pelaku lain yang diduga ikut terlibat melakukan aksi begal tersebut. Sisa 2 pelaku yang masih buron.

Akibat perbuatannnya kelima pelaku dikenakan pasal sesuai dengan perannya saat melakukan aksi begal tersebut yang terdiri Pasal 365 ayat 1 dan ayat 2 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), Pasal 80 ayat 2 Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan Anak, Pasal 170 Subsider 406 KUHP tentang pengrusakan. Serta, Pasal2 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951, Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP turut serta membantu. Ancaman hukumannya maksimal 12 tahun penjara. (p2/nur)

Leave A Reply

Your email address will not be published.