Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

PKK dan Disperindag Beri Pelatihan Kewirausahaan UKM

2

KENDARI, BKK – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kendari beri pelatihan kewirausahaan usaha kecil dan menengah (UKM), Selasa (23/7).

Ketua TPPKK Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain mengatakan, ini merupakan upaya pemerintah kota (pemkot) mengembangkan usaha peningkatan ekonomi keluarga.

“Usaha peningkatan ekonomi keluarga adalah kegiatan ekonomi yang diusahakan keluarga baik perorangan maupun kelompok, dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal yang modalnya dapat bersumber dari swadaya masyarakat, APBN, APBD, dan bantuan atau sumbangan lain yang tidak mengikat,” ujarnya.

Menurutnya, kelurahan yang ada di Kota Kendari memiliki potensi dan kearifan lokal yang begitu baik, seperti usaha pertanian, kerajinan, olahan makanan, dan simpan pinjam.

Sebenarnya, aku dia, kegiatan usaha ini, sudah berjalan di tengah masyarakat, namun belum semuanya dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

“Untuk itu diperlukan adanya bimbingan dari pihak-pihak yang berpengalaman dan kompeten, salah satunya melalui kegiatan pelatihan ini,” bebernya.

Kepada kader PKK yang merupakan bagian dari pelaku usaha keluarga, dia meminta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, mampu menyerap materi yang diberikan narasumber dan merumuskannya dalam sebuah tindakan nyata yang dapat diterapkan di lingkungan masing-masing.

“Saya juga menitip harapan kepada pengurus PKK Kota Kendari untuk mampu menjadi motivator dan fasilitator, sekaligus tauladan dalam mengembangkan usaha peningkatan pendapatan keluarga,” tuntasnya. (r2/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.