Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Berisi 7 Jerigen BBM, Polisi Selidiki Mobil Terbakar di SPBU Saranani

4
Mobil bernomor polisi DD 1260 UH yang terbakar di SPBU Saranani Kendari, Selasa (16/7),  dipasangi garis polisi (SUHARDIMAN/BKK)

KENDARI, BKK – Peristiwa kebakaran mobil di  Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Saranani Kelurahan Korumba Kota Kendari, Selasa (16/7), kini diselidiki pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Mandonga. Penyelidikan dilakukan polisi,  menyusul ditemukannya 7 jerigen ukuran 35 liter yang diduga berisi bahan bakar minyak(BBM) jenis Premium dalam mobil terbakar itu.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Mandonga Ajun Komisaris Polisi (AKP) Jupen Simanjuntak menjelaskan kronologi kejadian kebakaran itu menyebutkan, awalnya mobil dengan nomor polisi DD 1260 UH  itu mengantri BBM. Saat sopir menyalakan mesin usai mengisi BBM, muncul percikan api dari mesin bagian belakang mobil.

“Petugas SPBU langsung memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (Apar), sehingga mobil tidak terbakar sepenuhnya,” terang Simanjuntak saat ditemui di lokasi kebakaran.

Menghindari adanya percikan api susulan, sebut Simanjuntak, pihaknya  kemudian mengamankan mobil tersebut di tempat yang tidak jauh dari lokasi SPBU.

“Saat diamankan, dalam mobil itu terdapat jerigen berisi BBM. Namun belum dipastikan di mana si sopir mengisi jerigen itu,” kata Simanjuntak.

Sopir itu sendiri, lanjut Simanjuntak, melarikan diri saat mobilnya terbakar. Dari informasi, sambung dia, sang sopir mengalami luka bakar akibat kejadian tersebut.

“Jadi kita masih lakukan penyelidikan, serta mencari sopir mobil itu. Kalau memang dia mengalami luka bakar akan dilakukan pengecekan di rumah sakit,” terang Simanjuntak.

Sementara, Petugas SPBU Saranani  Mulki (31) ditemui wartawan koran ini menyebutkan dirinya hanya mengisi tangki mobil yang terbakar tersebut. Ia mengaku tak mengisi jerigen yang ada dalam mobil itu.

“Setelah tangki mobilnya full, saya terima uang dari sopirnya. Kemudian, dia (sopir) menyalakan mobil hingga muncul percikan api dari mesin belakang,” terang Mulki.

Melihat api tersebut, Mulki mengaku langsung berlari mengambil Apar kemudian berusaha memadamkan api.

“Sopirnya itu langsung lari. Tidak tau dia (sopir) ke mana,” aku Mulki.

Pantauan wartawan koran ini, 1 unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari diturunkan untuk menyiram mobil yang sudah diamankan di luar SPBU itu.

Mobil itu pun dipasangi garis polisi. Sementara 7 jerigen yang diduga berisi BBM diamankan di Polsek Mandonga.

Usai kejadian, kondisi SPBU Saranani kembali normal dan petugasnya kembali melayani motor dan mobil yang melakukan pengisian BBM. (p2/nur)

Leave A Reply

Your email address will not be published.