Headline

3 Parpol Terdepak dari DPRD Kota Kendari

Jumwal Saleh.

Kendari, BKK- Tiga partai politik (parpol) tua terlempar dari kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, setelah hasil pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (22/7). Ketiganya adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Kejutan lainnya, 1 parpol pendatang baru berhasil mencuri 2 kursi, yaitu Perindo. Dia mengalahkan perolehan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang hanya meraih 1 kursi.

Jika hasil Pileg 2014 silam DPRD Kota Kendari diisi 11 parpol, maka Pileg 2019 hanya 9 parpol yang mewarnai gedung legislatif.

11 parpol itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PKB, Partai Amanat Nasional (PAN), Nasdem, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Demokrat, PPP, Hanura, dan PBB.

Sementara 9 partai yang berjaya pada 2019 adalah Perindo semua parpol yang duduk di 2014 minus PPP, Hanura, dan PBB.

Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Saleh mengatakan, penetapan perolehan kursi dan calon terpilih telah sesuai dengan hasil hitungan yang dilakukan KPU, yakni dengan menggunakan metode Sainte Lague yang membagi suara sah partai dengan angka bilangan 1,3,5, dan seterusnya.

“Tentu dalam menentukan calon siapa yang terpilih kita sudah sudah sesuai aturan. Setelah penetapan ini tentu akan kita serahkan sepenuhnya ke pemerintah kota untuk melakukan pelantikan calon terpilih ini pada Agustus nanti,” terang Jumwal. (p1/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top