Headline

Pilih Surunuddin atau Irham Kalenggo? Golkar: Kita Cari yang Akan Menang

Irham Kalenggo.

Surunuddin Dangga.

KENDARI, BKK- Gesekan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menempatkan seorang kader Golkar, Irham Kalenggo, berambisi merebut kursi bupati yang kini sedang diduduki kader Golkar juga, Surunuddin Dangga. Sementara, Surunuddin masih ingin memperpanjang kekuasaannya untuk periode kedua.

Bagaimana Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Sulawesi Tenggara (Sultra) menanggapi fenomena ini?

Sekretaris Golkar Sultra Muhamad Basri mengatakan, baliho Irham Kalenggo yang sudah mulai bertebaran di seantero Konsel, bukan menjadi ukuran pasti untuk diusung. Karena, untuk menentukan calon yang akan didorong nanti akan berdasarkan hasil survei.

Irham Kalenggo adalah Ketua Golkar Konsel. Pemilihan Legislatif (Pileg) April 2019 lalu pria yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konsel ini kembali terpilih sebagai wakil rakyat. Kini ia kembali mengungkapkan niatnya hendak bertarung di gelanggang Pilkada 2020. Balihonya palign ramai di Konsel, bertebaran di mana-mana.

“Kita cari sosok yang akan memenangkan pilkada, bukan sosok yang banyak balihonya. Artinya, nanti kita akan lihat berdasarkan hasil survei, baik Surunuddin sebagai kader petahana dan juga Irham sebagai kader. Ya semuanya nanti kita lihat,” ujar Sekretaris Golkar Sultra Muhamad Basri, Senin (15/7).

Basri menyebut, baliho Irham yang terpasang di Konsel, muncul dari aspirasi masyarakat tanpa arahan dari tim atau Irham sendiri. Untuk itu, kata Basri, pihaknya mengapresiasi gerakan masyarakat tersebut.

“Dengan gerakan tersebut, (mengindikasikan) bahwa memang Golkar dijadikan panutan untuk dipilih. Intinya, semua kader berpeluang untuk diusung,” katanya.

Kecuali Konsel, di 6 daerah lain yang juga akan menyelenggarakan pilkada pada 2020 mendatang, sejauh ini belum ditemukan benturan antara sesama kader Golkar.

“Berbeda dengan Konsel, di Wakatobi baru bupati petahana, Arhawi, yang mengajukan diri untuk bertarung kembali di pilkada. Ketua Golkar Wakatobi ini belum memiliki pesaing di internal partai,” terang Basri.

Ia melanjutkan, hal serupa juga tergambar di Buton Utara (Butur), baru ada 1 kader potensial yang memiliki peluang besar untuk diusung, yakni Ketua Golkar Butur Ramadio, yang sementara menjabat wakil bupati.

“Tapi, Ramadio belum kita pastikan untuk maju sebagai 01 atau 02, yang jelas itu akan melalui mekanisme partai,” pungkas Basri. (p1/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top