Lingkar Sultra

Penerimaan PBB di Muna Meningkat

RAHA,BKK – Jika 2018 lalu penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)  di Kabupaten Muna hanya  mencapai Rp1,8 miliar, di 2019 ini menunjukkan peningkatan. Bahkan kini telah mencapai Rp2 miliar lebih.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Kabupaten Muna Ari Asis SE MSi, saat ditemui baru-baru ini. Ia menyebutkan, faktor penyebab naiknya penerimaan pajak di sektor PBB tersebut yakni karena dinaikkannya Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sebesar 7 %.

Namun,  yang paling mempengaruhi juga yaitu adanya pendataan  baru yang  menyebabkan bertambahnya 1.000 wajib pajak baru di Kelurahan Laiworu Kecamatan Batalaiworu.

“Dari pendataan wajib pajak baru di Kelurahan Laiworu, kita mendapat wajib pajak baru sebanyak 1.000 orang wajib pajak,” terang Ari Asis.

Pendataan wajib pajak baru di Kelurahan Laiworu ini, kata Ari Asis, merupakan langkah awal yang dilakukan Badan Pendapatan Kabupaten Muna untuk mendapatkan data terbaru. Pasalnya, data wajib pajak sebelumnya  adalah data puluhan tahun lalu dengan jumlah wajib pajak hanya 71 ribu.

“Penambahan wajib pajak baru sebanyak 1.000 orang di Kelurahan Laiworu itu merupakan percontohan. Selanjutnya akan kami data kembali di seluruh Kabupaten Muna,” ungkapnya. (tri/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top