Headline

PDAM Minta Waktu 2 Hari Perbaiki Pipa Terlepas di Pohara

Air mengalir di atas permukaan, akibat sambungan pipa milik PDAM Kendari kembali terlepas. (NIRWAN/BKK)

KENDARI, BKK- Jaringan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari  kembali terlepas, Sabtu (13/7), setelah sebelumnya sempat putus akibat jalan amblas di Pohara Kabupaten Konawe.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Anoa Kendari berjanji segera akan melakukan pembenahan.

Sebanyak 14 ribu sambungan rumah di Kota Kendari yang tersebar di 6 kecamatan yakni Kecamatan Kendari, Kendari Barat, Puuwatu, Mandonga, Kadia, dan Kecamatan Wuawua, kembali terhenti.

“Benar, sambungan pipa kami yang belum lama kami perbaiki kembali terlepas, akibat mengalami pergeseran. Tapi, kami akan segera memperbaikinya,” ujar Damin, saat dihubungi lewat telepon genggamnya, Minggu (14/7).

Dia menjelaskan, pipa mengalami pergeseran akibat dilalui kendaraan yang cukup padat di jalur trans-Sulawesi.

“Kontur tanahnya belum stabil atau masih labil, dan belum mampu menahan beban kendaraan yang padat di atas jalur tersebut,” analisisnya.

“Kemungkinan, dalam waktu 2 hari sambungan pipa kami yang lepas akan kembali normal lagi,” janji Damin.

Menurut dia, butuh waktu selama itu karena terlebih dahulu pihaknya harus mengangkat kembali dasar pipa, untuk diperbaiki bantalannya.

“Kita akan ganti bantalan pipa kami dari tebal inci menjadi 24 inci, supaya lebih kokoh saat berada di dalam tanah,” jelas Damin.

Lebih lanjut Damin mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari, agar di jalur tersebut dibangunkan jembatan sementara berkonstruksi baja ringan.

“Hal itu kami lakukan, agar lalu lintas kendaraan tidak menghambat proses perbaikan sambungan pipa kami dan proses penimbunan nanti,” tutur Damin.

Kepada masyarat, Damin memohon maaf atas kejadian ini. Dia mengaku, kejadian ini bukanlah faktor kesengajaan, tetapi karena faktor alam.

“Kita akan berupaya agar sambungan ini cepat beres, agar pelayanan kami kembali maksimal,” tuntas Damin. (r2/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top