Lingkar Sultra

Ratusan Peserta Karnaval Tenun Meriahkan HUT Muna Ke-60

Fitri/BKK
Barisan OPD lingkup Pemkab Muna yang mengikuti Karnaval Tenun memeriahkan HUT  Muna ke-60.

RAHA,BKK –  Tenun khas Muna kini terus mengalami perkembangan hingga berhasil menembus pasar nasional dan permintaan di pasaran terus meningkat.

Hal ini pun menjadi salah satu alasan pelaksanaan karnaval tenun  di Raha, Sabtu (6/7), dalam rangka perayaan hari ulang tahun (HUT) Muna ke-60. Berbagai jenis tenun khas Bumi Suwite ini ditampilkan dalam kegiatan yang diikuti ratusan peserta itu.

Lebih dari 200 barisan yang mengikuti karnaval tersebut, mulai perwakilan masing-masing organisai perangkat daerah (OPD), kecamatan, kelurahan/desa lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Mereka menggunakan  berbagai corak dan motif  tenun andalan Muna mulai dari kampurui, baju, sarung, serta sejumlah pakaian adat setempat.

Tema yang diusung para peserta karnaval pun bermacam-macam. Bupati dan Wakil Bupati Muba  LM Rusman Emba dan Malik Ditu menyaksikan langsung karnaval tersebut di tribun kehormatan yang disediakan panitia kegiatan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Muna Amiruddin Ako SPd MSi mengatakan, karnaval tenun ini sengaja diadakan hingga  perayaan HUT Muna kali ini berbeda dari tahun sebelumnya.

“Kain tenun Muna adalah salah satu kekayaan budaya kita dan harus kita lestarikan dan kembangkan,” kata Amiruddin.

Karnaval  ini pun cukup mencuri perhatian warga setempat. Ribuan warga memadati lokasi kegiatan.

“HUT Kabupaten Muna ke-60 ini ramai dan sangat meriah, semua pakai baju tenun. Bagus-bagus dan elegan lagi. Laku semua kain tenun, yang disewa saja habis semua,” kata Darti, salah satu warga Raha. (tri/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

Copyright © 2019

To Top