Lingkar Sultra

Disdukcapil Butur Berlakukan Tanda Tangan Elektronik

BURANGA, BKK- Sebagai langkah memangkas waktu pelayanan agar lebih cepat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Utara (Butur) melakukan inovasi berbasis digital, dengan menerapkan tanda tangan elektronik untuk penerbitan dokumen kependudukan.

Penggunaan tanda tangan elektronik ini berlaku untuk penduduk yang mengurus dokumen kependudukan baru, perubahan data atau karena penambahan anggota keluarga. Sepanjang tidak ada perubahan data, dokumen lama seperti kartu keluarga dengan tanda tangan manual atau basah masih tetap berlaku.

Kepala Disdukcapil Butur, Muh Asri ditemui di kantornya, akhir pekan kemarin mengatakan, penerapan tanda tangan digital itu tak mengharuskan dirinya selalu berada di dalam kantor. Pasalnya, tanda tangan untuk menyetujui penerbitan dokumen kependudukan hanya berbekal telepon genggam.

“Saya cukup menggunakan handphone aplikasi SIAK yang terinstal di android, meski saya berada di luar daerah. Jadi tanda tangan bisa dimana saja,” kata Asri.

Kata dia, proses penerapan tanda tangan elekronik telah melalui uji coba. Perbedaan mendasar dengan pemberlakuan tanda tangan elektronik ini, bisa dilihat pada tanda tangan kepala dinas di dokumen kependudukan.

“Jika secara manual, maka tanda tangan basah kepala dinas muncul di dokumen kependudukan. Beda dengan tanda tangan elektronik, yang muncul di dokumen kependudukan bukan tanda tangan basah lagi, tapi berupa barcode,” terangnya.

Selain untuk mempermudah pelayanan, Asri juga mengungkapkan, tanda tangan elektronik itu juga untuk menghindari pemalsuan dokumen. (r5/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

Copyright © 2019

To Top