Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Gubernur Ali Mazi Dukung Peralihan Status IAIN Kendari Jadi UIN

6
Ali Mazi. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mendukung jika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

“Kami sangat mendukung rencana peralihan status IAIN Kendari menjadi UIN. Hal itu sudah dibuktikan, ketika IAIN Kendari masih berstatus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN),” ujar Ali Mazi belum lama ini.

Jadi, lanjutnya, sejarah sudah membuktikan peralihan status dari STAIN menjadi IAIN Kendari. Untuk itu, dia menargetkan target peralihan status menjadi UIN harus dicapai.

Di lokasi yang sama, Rektor IAIN Kendari Prof Faizah Binti Awad menuturkan, upaya civitas akademika IAIN Kendari sudah dilakukan, untuk menggagas IAIN menjadi UIN. Salah satunya, sebut dia, melakukan upaya-upaya kerja sama dengan universitas luar negeri.

“Hal itu dilakukan untuk meningkatkan akreditasi, walaupun memang ada variabel lainnya. Yang paling urgen sendiri bakal ada upaya yang dilakukan pemerintah provinsi (pemprov) untuk membantu penggagasan ini,” ucapnya.

Kerena, papar dia, target itu tidak akan diraih, tanpa peran dan dukungan dari pemprov. Apa lagi, lanjutnya, tidak selamanya penilaian itu murni pada aspek akademik saja, tetapi ada aspek lain yang juga harus dipertimbangkan. Dan itu terjadi di daerah-daerah lain.

“Saya berharap IAIN Kendari secepatnya bisa berubah status menjadi UIN. Tentunya, UIN yang kelas internasional bukan yang hanya kelas nasional,” pungkasnya. (cr1/r2)

Comments are closed.