Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Bapenda Sultra Gelar Sosialisasi Pajak di Konawe

2

UNAAHA, BKK- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra menggelar sosialisasi pajak daerah 2019 di Kabupaten Konawe, Selasa (14/5).

Sosialisasi pajak ini membahas tentang Peraturan Daerah (Perda) Sultra nomor 4 tentang perubahan atas perda nomor 5 tahun 2011 tentang pajak daerah, sosialisasi kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas.

Dalam kesempatan itu Kepala Bapenda Sultra H Yusuf Mundu  menjelaskan, pajak yang dikelola pemerintah provinsi (pemprov) tentu berbeda dengan pajak yang dikelola  pemerintah kabupaten/kota.

Adapun pajak daerah yang dikelola pemprov berdasarkan undang-undang nomor 28 tahun 2019 yakni pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, dan pajak rokok.

Ia berpendapat, salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penerimaan pajak adalah dengan melakukann intensifikasi dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat wajib pajak. Khususnya yang terkait dengan penerimaan pajak wewenang provinsi.

“Sehingga maksud dari sosialisasi ini bertujuan membangun kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” ungkapnya. (Irm/nur)

Comments are closed.