Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

ASN di Kolut Kumpulkan Rp3,4 Miliar Zakat Profesi

3

LASUSUA, BKK –  Aparatur Negeri Sipil (ASN) Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut) telah mengumpulkan Rp3,4 miliar zakat profesi yang dikumpulkan di badan amil zakat daerah (bazda) setempat.

Wakil Bupati Kolut H Abbas mengatakan, zakat yang dikumpulkan selama 2019 ini  bersumber dari potongan gaji setiap ASN sebesar 2,5 persen dari gaji pokok yang diterima setiap bulannya.

“Potongan gaji ASN ini telah dilakukan sejak pemerintahan bupati Rusda Mahmud. Zakat profesi ini dibagikan setiap bulan suci ramadhan,” kata Abbas.

Menurutnya, pembagian zakat ini langsung dilakukan Bupati Kolut H Nurrahman Umar di setiap kecamatan dan desa di wilayah pemerintahannya yang dirangkaikan dengan safari ramadan.

“Zakat ini langsung diserahkan bertujuan untuk lebih menjalin silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat,” tutur Abbas.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemda Kolut H Sainal Ahmad mengungkapkan dana Rp3,4 miliar yang terkumpul dari zakat profesi ini, akan disalurkan   pada fakir miskin, Ibnu Sabil, guru mengaji, muallaf, masjid dan pesantren sebesar Rp2,2 miliar.

Untuk besaran zakat yang diberikan kepada  fakir miskin setiap desa 35 orang yang besarannya Rp350 ribu  per orang, kemudian Ibnu Sabil dan guru mengaji masing-masing Rp1 juta per orang, serta muallaf Rp 450 ribu. Sementara untuk pesantren juga diberikan dengan menyesuaikan jumlah   anak didiknya.

“Bantuan pesantren menyesuaikan dengan jumlah siswa. Saat ini jumlah pesantren di Kolaka Utara sebanyak 12 dengan total  bantuan Rp175 juta. Untuk masjid juga disesuaikan dengan kebutuhan dengan total bantuan Rp310 juta,” ujar Sainal. (r6/nur)

Comments are closed.