Terikat Kontrak Kerja, CPNSD Konkep Tak Bisa Pindah Tugas

HUSAIN/BKK
Pembukaan Orientasi CPNSD Konkep di Aula Lingkaran Hati Emas, Rabu (20/3)

LANGARA, BKK –  Belajar dari pengalaman perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) 2014 lalu, baru seumur jagung PNS yang terangkat di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) sudah berbondong-bondong  meminta pindah tugas ke daerah lain. Agar hal ini tidak terulang, pemerintah daerah (pemda)  setempat membuat kontrak kerja selama 10 tahun untuk CPNSD hasil seleksi 2018 lalu.

Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT ditemui Wartawan Berita Kota Kendari di ruang kerjanya usai membuka kegiatan orientasi CPNSD Konkep di Aula Lingkaran Hati Emas, Rabu (20/3), mengatakan bahwa ikatan kotrak itu sebagai konsekuensi sikap  profesional.

“Kalau memang ada sikap profesional dalam bekerja, tidak akan mengusulkan pindah tugas sampai dengan waktu yang disepakati dalam kontrak kerja itu. Dalam kontrak kerja jelas sudah disepakati, mengusulkan pindah kerja, sama saja dengan mengundurkan diri sebagai PNS,” jelas Amrullah.

Ia berharap, CPNSD Konkep yang saat ini tengah mengikuti orientasi bisa bekerja dengan ikhlas demi percepatan pembangunan daerah. Terlebih, sebagai kabupaten baru, Konkep  masih membutuhkan banyak pegawai.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Konkep Andi Muhammad Lutfi SE MM yang juga hadir dalam kegiatan orientasi CPNSD Konkep tersebut menambahkan, saat ini profesi guru mempunyai tugas yang begitu berat, sebagai daerah baru, Konkep memiliki Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) yang  rendah. Untuk mengejar ketertinggalan tersebut diperlukan peran naksimal tenaga pengajar alias guru.

“Yang berprofesi sebagai guru tolong angkat tangan, kalian (para guru) mempunyai tugas yang sangat berat, ingat IPM di Konawe Kepulauan masih sangat rendah dan ini perlu peran yang maksimal untuk mencerdaskan masyarakat terutama generasi muda Pulau Wawonii,” ujarnya di hadapan CPNSD Konkep.

Dia juga menekankan, selama bertugas nanti, para CPNSD tersebut mesti menempatkan diri sebagai bagian dari Konkep yang dikenal dengan Pulau Wawonii itu. Sehingga, bisa terus bersama-sama membangun daerah.

“Anggaplah kalian adalah bagian dari Pulau Wawonii dan perlu Saya ingatkan, untuk membangun suatu daerah hanya satu kata kuncinya yaitu disiplin,” pesannya. (r4/nur)