Jadi Ikon Butur, Abu Hasan Janji Benahi Kawasan Wisata Kuliner Ikan Katapai

Bupati Abu Hasan didampingi Kepala DKP Karya Jaya berkunjung di kawasan wisata kuliner.

BURANGA, BKK- Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan berjanji akan membenahi infrastruktur pada lokasi kawasan wisata kuliner di Pantai Bone Kecamatan Kulisusu, untuk menarik kunjungan wisatawan.

Kawasan yang terletak di bibir Pantai Bone itu menyediakan makanan khas Ikan Katapai (ikan asap) yang sangat populer di daerah paling utara pulau Buton itu.

Abu Hasan mengaku, akan segera berkoordinasi lintas sektor organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menata kawasan itu, agar terlihat lebih menarik dan membuat pengunjung nyaman berbelanja di sana.

“Kawasan kuliner ini akan kita benahi. Saya akan koordinasi dengan instansi terkait, baik membahas infrastruktur jalan, kesehatan, pariwisata dan perikanan,” kata Abu Hasan, saat mengunjungi kawasan ikan asap yang didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Karya Jaya, kemarin (20/3).

Misalnya saja, sambung mantan Karohumas Pemprov Sultra ini, Dinas PU (Pekerjaan Umum) akan tata ulang jalanannya.

“Karena, orang juga mau berkunjung harus nyaman, tapi kalau jalanannya sempit, pasti tidak aman,” ujarnya.

Menurutnya, kawasan wisata kuliner itu sangat sempit, akan tetapi dirinya menghindari reklamasi untuk menambah luas kawasan karena dapat merusak lingkungan.

“Tapi kalau untuk melakukan revitalisasi yang ada ini, ini saya kira harus kita lakukan. Sehingga orang-orang yang berkunjung nyaman,” tuturnya.

Selain perbaikan kawasan itu, teknik pembakaran ikan yang dilakukan oleh para pedagang harus lebih baik. Dimana, tungkunya ini harus higienis.

“Kalau mau higienis lagi, tungkunya harus dikasih naik. Sehingga mereka membakar sambil berdiri, tidak membakar sambil duduk. Setengah mati ibu-ibu yang membakar,” paparnya.

Abu Hasan menegaskan, kawasan Wisata Kuliner Pantai Bone sudah menjadi ikon Butur. Jadi, tidak boleh tidak harus dibenahi, baik fisiknya maupun manajemen pengelolaannya. Sehingga orang nyaman.

“Ikan asap ini juga terkenal di wilayah Sultra. Karena tiap daerah yang berkunjung di Butur, pasti akan singgah disini. Olehnya itu kita akan benahi. Insya Allah di awal 2020. Tapi kita akan usahakan di perubahan 2019 ini,” imbuhnya. (r5/iis)