Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Tingkatan Pengawasan, Inspektorat sekolahkan 48 Orang Pegawainya

51
Intan Nurcahya

KENDARI, BKK – Tingkatan pengawasanInspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sekolahkan 48 orang pegawainya dimana pihahya sudah menyiapkan anggaran sebanyak Rp. 645 juta.

Kepala Subbing (Kasubag) Program Inspektorat Sultra Intan Nurcahya mengatakan tujuan  menyekolahkan pegawainya dengan Anggaran itu diharapkan mampu menjadi penyokong bagi peningkatan ilmu pengawasan dan audit pegawai.

“Sebanyak 48 orang pegawai akan diberangkatkan berjenjang selama selisih setahun ini,” katanya saat ditemui diruang kerjanya Selasa (12/2).

Kata dia,  jika mendukung dan mengawasi  program Pemerintah Daerah  (Pemda) agar berjalan dengan baik langkah yang harus dilakukan menyekolahkan pegawai-pegawai inspektorat.

“Mereka harus disekolahkan sebagai bekal ilmu saat turun dilapangan dimana bidang ilmu dalam inspektorat itu luas, ada bidang ilmu tehnik, pertanian, akuntansi, peternakan farmasi dan lain-lain,” jelasnya.

Merekalah adalah laskar-laskar inspektorat   untuk mengaudit dan mengawasi pengadaan barang jasa maka itulah kami menyekolakan.

“Jadi kalau ilmu pengadaannya mereka ada, Jadi kami pastikan mereka dapat melakukan pendidikan dan lulus supaya saat pulang sudah bisa turun langsung memeriksa pengadaan,” paparnya.

Sambung  Intan,  semua pegawai harus dapat fasilitas yang nyaman dimana dengan kenyamanan di inspektorat sangat diutamakan. Ruangan nyaman dan  fasilitasi dalam menyekolahkan pegawai dapat menunjang pekerjaan akan lebih baik.

“Ilmu tambahan dalam inspektorat yaitu diklat tehnis, diklat dasar mereka itu penjenjangan. Jadi seperti audit pertama gol IIIa dan IIIb, audit muda IIIc dan IIId serta auditor madya  IV A dan IV b keatas. Setelah itu P2 pertama IIIa IIIb. Semua itu harus diberikan pendidikan, Kita mengangkat mereka sebagai pemeriksa harus memikirkan jenjang karirnya,”ungkapnya.

Lanjut Mantan Plt Sekretaris Inspektorat itu menambahkan, untuk pemberangkatan semua sudah terakomodir dimana data pegawai yang  disekolahkan sudah terkirim tinggal pemanggilannya secara bertahap sesuai jadwal yang dibuat oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

“Jadi kami ini  tinggal tunggu waktu kapan pemberangkatannya Karena belum ada penetapan untuk itu,  yang jelas secepatnya dimana skala prioritas inspektorat mempunyai dua fungsi, yaitu bertugas sebagai pengawas atau auditor di lapangan dan pengawas pemerintah antara lain Inspektorat juga diharapkan mampu memberikan konstribusi dalam pengawasan,” tutupnya. (p3)

Comments are closed.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"