Lingkar Sultra

Bupati Minta Bendung Oneha Dikeruk dan Ditanggul

KOLAKA, BKK- Bupati Kolaka Ahmad Safei akhirnya meninjau lokasi banjir di desa Oneha Kecamatan Latambaga, Selasa (16/1). Bupati Kolaka didampingi sejumlah pejabat, langsung turun memantau lokasi pasca banjir, dengan menyelusuri sungai Oneha hingga ke bendungan Oneha.

Setelah itu, bupati memerintahkan dinas pekerjaan umum untuk segera membuat tanggul dan mengeruk sedimentasi di Bendung Oneha, dengan menggunakan sejumlah alat berat. “Ini terjadi pendangkalan sungai, mengakibatkan air meluap ketika terjadi hujan deras,” kata Ahmad Safei.

Kabag Humas dan Protokol Kolaka, Amri Djamaluddin menjelaskan, Bupati Kolaka sebenarnya sudah ingin meninjau lokasi banjir saat bencana terjadi. Namun karena disibukkan dengan proses pendaftaran bakal calon Bupati yang telah dijadwalkan pihak KPU, sehingga waktu luang baru ada ketika semua proses sudah dilewati.

“Bupati sangat gelisah ketika berada di Kendari. Makanya saat ada waktu, langsung turun tangan melihat kondisi di Desa Oneha,” ungkap Amri Djamaluddin.

Sebelumnya, pada Senin 8 Januari, dusun III dan IV di Desa Oneha diterjang banjir akibat hujan deras. Meski tidak ada korban jiwa, namun para korban mengalami kerugian jutaan rupiah akibat sawah dan empang hancur, termasuk merendam 35 rumah warga.

Air yang mengenangi rumah warga hingga satu meter, merupakan banjir kiriman, yang diperparah dengan pasangnya air laut. Desa Oneha memang berada di pinggir laut. (r3/aha)

.

ARSIP

To Top